Sri Mulyani Ungkap Paket Kebijakan untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi RI pada Kuartal IV

Business962 Dilihat

matamerah.com Sri Mulyani, dalam konferensi pers PDB Kuartal III-2023 pada Selasa (7/11/2023), mengumumkan serangkaian paket kebijakan yang diharapkan mampu menggerakkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV-2023. Tanpa paket kebijakan ini, ada potensi pertumbuhan ekonomi di bawah 5%.

Rincian Paket Kebijakan

Paket kebijakan terdiri dari enam insentif atau bantuan yang diharapkan mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi di angka minimal 5%.

Bantuan Beras Tambahan

Pemerintah memberikan tambahan bantuan beras hingga bulan Desember untuk mengatasi lonjakan harga beras yang masih tinggi. Tambahan ini disalurkan selama 4 bulan, dari September hingga Desember, dengan total alokasi Rp 8 triliun.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino

Diberikan kepada 18,8 juta KPM penerima sembako sebagai respons terhadap penurunan daya beli akibat El Nino. Bantuan ini sebesar Rp 400 ribu dan akan ditransfer sekali pada bulan November-Desember.

 Peningkatan KUR

Pemerintah berencana meningkatkan penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat) dari Rp 177 triliun hingga Rp 297 triliun tahun ini.

Insentif Perumahan

Pemerintah memberikan insentif PPN yang ditanggung pemerintah untuk rumah di bawah Rp 5 miliar, dengan peningkatan dari sebelumnya yang hanya mencakup rumah di bawah Rp 2 miliar. Namun, insentif ini hanya berlaku untuk bagian rumah yang bernilai Rp 2 miliar.

 Rencana Pelaksanaan

Pemerintah akan mengakselerasi proses penyaluran bantuan dan insentif sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Sri Mulyani menegaskan komitmen pemerintah untuk menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi meski di tengah berbagai ketidakpastian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *