Prabowo Akan Bangun Rumah Sakit TNI di Gaza: Upaya Kemanusiaan Indonesia

News826 Dilihat

matamerah.com Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengumumkan komitmen Indonesia dalam mendukung upaya kemanusiaan di Gaza dengan membangun Rumah Sakit TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang akan menerima pasien-pasien dari Palestina. Prabowo menyampaikan niat baik ini kepada Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun.

Dukungan untuk Pasien dari Palestina

Menteri Prabowo menyatakan, “Tadi saya sudah sampaikan ke Duta Besar Palestina, kita membuka semua rumah sakit TNI untuk siap menerima pasien-pasien dari Palestina. Ini sudah saya sampaikan.” Hal ini adalah langkah konkret dalam mendukung rakyat Palestina yang tengah mengalami krisis kemanusiaan.

Rencana Pembangunan Rumah Sakit

Menteri Pertahanan Prabowo akan berkoordinasi dengan pihak yang berwenang untuk membangun Rumah Sakit TNI di Gaza. Upaya ini akan melibatkan kerjasama dengan pemerintah Mesir dan negara-negara lain. Dengan adanya rumah sakit tersebut, diharapkan para korban di Palestina bisa mendapatkan perawatan medis yang sangat dibutuhkan.

Prabowo menjelaskan, “Kemudian juga kita akan koordinasi dengan pihak Mesir di sana, TNI juga siap mengirim kapal rumah sakit, kapal rumah sakit untuk standby di sana untuk lebih memberikan bantuan yang lebih banyak.” Hal ini menunjukkan keseriusan Indonesia dalam memberikan bantuan kepada Palestina.

Koordinasi dan Bantuan Selanjutnya

Prabowo juga akan mengundang Duta Besar Mesir dan Duta Besar Palestina pada Senin, 6 November 2023, untuk melakukan koordinasi yang lebih lanjut dalam penyediaan bantuan bagi masyarakat Gaza.

Sebelumnya, Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap pertama seberat 51,5 ton untuk Palestina. Bantuan tersebut mencakup bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang sangat dibutuhkan di Gaza.

Presiden Joko Widodo melepas bantuan tersebut dan mengungkapkan bahwa bantuan tahap kedua juga sedang dalam persiapan. Dalam bantuan kemanusiaan ini, terlibat berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha melalui berbagai lembaga kemanusiaan.

Dalam kata-kata Presiden Joko Widodo, “Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan.”

Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina dan memberikan kontribusi positif dalam upaya kemanusiaan di kawasan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *