Rusia Membantah Klaim Ukraina, Rilis Foto Komandan Armada Laut Hitam yang Sedang Bekerja

News722 Dilihat

matamerah Rusia akhirnya memberikan tanggapan resmi terkait klaim Ukraina mengenai nasib Komandan Armada Laut Hitamnya. Ukraina telah mengklaim bahwa Komandan Armada Laut Hitam Rusia, Viktor Sokolov, tewas dalam serangan rudal yang menghantam markas besar armada laut tersebut pekan lalu. Namun, Rusia dengan tegas menyangkal klaim tersebut dengan merilis foto-foto terbaru yang menampilkan Sokolov sedang bekerja.

Dalam foto-foto yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia, Viktor Sokolov terlihat tengah mengikuti sebuah konferensi video bersama Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan beberapa laksamana serta panglima militer senior lainnya. Konferensi video tersebut dilakukan pada hari Selasa (26/9/2023), hanya sehari setelah pasukan khusus Ukraina mengumumkan bahwa mereka telah membunuh Komandan Sokolov.

Sebelumnya, pasukan khusus Ukraina melaporkan bahwa mereka telah berhasil membunuh Viktor Sokolov, yang juga dikenal sebagai laksamana utama Moskow di wilayah Crimea, bersama dengan 33 perwira tingkat tinggi lainnya dalam serangan rudal terhadap markas Armada Laut Hitam Rusia di pelabuhan Sevastopol pekan lalu.

Namun, dalam konferensi pers harian di Kremlin, juru bicara Rusia, Dimitry Peskov, menyatakan bahwa dia tidak memiliki informasi yang memastikan klaim tersebut, dan keberadaan Komandan Sokolov tetap belum terkonfirmasi dengan pasti.

Sementara itu, setelah serangan rudal tersebut, Kementerian Pertahanan Rusia sempat mengumumkan bahwa salah seorang prajuritnya hilang, namun mereka kemudian merevisi pernyataan tersebut dengan menyatakan bahwa prajurit tersebut tidak tewas. Ukraina telah meningkatkan intensitas serangan mereka di Laut Hitam dan Semenanjung Crimea, bahkan mulai menggunakan rudal selain serangan drone. Pemerintah Kiev mengklaim bahwa menghancurkan armada Laut Hitam Rusia akan membawa perang menuju akhir yang lebih cepat. Sebelumnya bulan ini, Kementerian Pertahanan Rusia juga melaporkan bahwa Ukraina meluncurkan sepuluh rudal jelajah ke arah galangan kapal angkatan laut Laut Hitam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *