Candi Sukuh: Sejarah dan Kecantikan yang Menawan di Lereng Gunung Lawu

History137 Dilihat

matamerah. Candi Sukuh, salah satu peninggalan budaya Indonesia yang luar biasa, telah menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun internasional selama bertahun-tahun. Candi ini terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dan memiliki sejarah yang kaya.

Menurut informasi dari Badan Otorita Borobudur, Candi Sukuh pertama kali ditemukan pada tahun 1815 oleh seorang peneliti Britania Raya bernama Johnson, yang saat itu menjabat sebagai Residen Surakarta. Penemuan ini tidak terlepas dari niatnya untuk mengumpulkan data untuk buku berjudul “the History Of Java” yang ditulis oleh Thomas Stamford Raffles.

Setelah masa pemerintahan Britania Raya berakhir, seorang arkeolog Belanda bernama Van Der vlies memulai penelitian pemugaran pertama pada tahun 1928. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa Candi Sukuh sudah ada sejak lama dan masih terjaga hingga saat ini.

Candi Sukuh adalah bagian dari kompleks candi Hindu di Karanganyar, yang mudah dijangkau oleh para wisatawan yang ingin menjelajahi tempat ini. Candi ini terletak di lereng kaki Gunung Lawu, dengan ketinggian sekitar 1.186 meter di atas permukaan laut. Ketinggian ini memberikan iklim sejuk yang sangat menyenangkan bagi para pengunjung.

Bagi mereka yang ingin mengunjungi Candi Sukuh, harus menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer dari Kota Karanganyar atau 36 kilometer dari Surakarta. Saat tiba di lokasi, pengunjung akan terkesan oleh kesederhanaan dan keunikan candi ini.

Salah satu hal yang mencolok dari Candi Sukuh adalah bentuk bangunannya yang mirip dengan bangunan budaya Maya di Meksiko atau peninggalan budaya Inca di Peru. Pada tahun 1930, peneliti dari Belanda bahkan memberikan tiga argumen menarik mengenai struktur bangunan ini. Salah satu argumen tersebut adalah bahwa pembangunan candi ini mungkin dilakukan secara terburu-buru, sehingga strukturnya tidak rapi. Meskipun berbeda dari Candi Prambanan dan Borobudur yang terkenal, Candi Sukuh tetap memiliki daya tariknya sendiri.

Dengan sejarah yang kaya dan keindahan alam sekitarnya, Candi Sukuh terus menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia, mengundang pengunjung untuk menjelajahi keajaiban budaya dan alam yang dimilikinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *